NEWS
DETAILS
Kamis, 09 Mar 2023 13:43 - Komunitas Honda Etam

Komunikasi efektif tentunya tidak berjalan begitu saja, perlu ada trik dan kiat khusus agar pesan yang dimaknai satu pihak, dimaknai dengan sama oleh pihak lainnya. Bicara soal trik dan kiat khusus komunikasi efektif, ada dua tipe pribadi seseorang yang bisa dijadikan acuan, itu introvert dan extrovert.

Introvert memiliki kepribadian yang cenderung senang dengan pekerjaan-pekerjaan individu yang tidak membutuhkan banyak interaksi sosial dengan keramaian. Di sisi lain, extrovert senang dengan adanya banyak interaksi dan bertemu dengan banyak orang. Tentunya, membangun komunikasi efektif untuk keduanya berbeda agar pesan yang disampaikan bisa dimengerti orang lain. Sebelum tahu bagaimana tips agar komunikasi efektif, ada baiknya kamu kenali dulu dirimu dengan baik, apakah kamu seorang introvert atau extrovert.

Menurut Stephen Covey, komunikasi merupakan keterampilan yang penting dalam hidup manusia. Unsur yang paling penting dalam berkomunikasi adalah bukan sekedar apa yang kita tulis atau yang kita katakan, tetapi bagaimana kita menyampaikan pesan kepada penerima pesan. Penerima pesan tidak hanya sekedar mendengar kalimat yang disampaikan tetapi juga membaca dan menilai sikap kita. Jadi syarat utama dalam komunikasi yang efektif adalah karakter kokoh yang dibangun dari fondasi etika serta integritas pribadi yang kuat.

Bagi kamu yang senang berinteraksi dan berada bersama orang banyak, bekerja di tempat yang sunyi, diam, dan monoton bisa jadi membosankan. Coba akali hal tersebut dengan membuat “penggerak” bagi dirimu sendiri, misalnya dengan mendengarkan musik, atau mengobrol di saat sebelum dan sesudah bekerja. Jika di sekitarmu adalah orang introvert, atau tidak boleh berisik, dengarkan musik dengan headset ya. Dengan menciptakan penggerak bagi dirimu, perasaanmu pun akan lebih baik. Jadi, kamu tetap bisa melakukan komunikasi efektif dengan rekan

Komunikasi efektif tentunya bukan merupakan sesuatu yang instan, tapi perlu dengan sabar dan perlahan-lahan dibangun. Pastikan yang kamu maksudkan dimengerti dengan maksud yang sama oleh lawan bicaramu. Selain kenali diri sendiri, kenali juga karakter lawan bicaramu, baik bahasa verbal maupun nonverbalnya agar komunikasi efektif bisa kamu peroleh dengan baik.

RELATED
NEWS