NEWS
DETAILS
Rabu, 25 Jan 2023 13:09 - Komunitas Honda Etam
Samarinda menjadi salah satu kota dengan pengguna sepeda motor Honda terbesar di Kalimantan Timur. Dengan banyak klub-klub sepeda motor Honda di kota Samarinda khususnya. maka sejak 2011 lalu terbentuklah sebuah ikatan komunitas/paguyuban yang bernama Ikatan Motor Honda Samarinda (IMHS).
Melihat sejarahnya, IMHS ini didirikan pada tanggal 05 Maret 2011. Artinya, sudah Satu dekade lebih paguyuban ini terbentuk dan masih tetap solid sampai sekarang untuk mempersatukan klub dan komunitas di kota Samarinda. Awalnya memiliki nama HSJC (Honda Semoga Jaya Community) dari tahun 2008 - 2011 gabungan dari beberapa komunitas di Area Astra Motor Kal-Tim 2. Pada tahun 2008 memiliki 8 Club, terdiri dari :
SHO : Samarinda Honda Owner’s
GMC : Grand Mahakam Community
CB Samarinda
TCS : Tiger Community Samarinda
SFC : Supra Fans Community
HCSTI : Honda City Sport Team Indonesia
BBCS : Beat Borneo Community Samarinda
HVCS : Honda Vario Club Samarinda
 
Kemudian berubah menjadi Ikatan Motor Honda Samarinda pada Tahun 2011, yang mewadahi seluruh komunitas Honda di Samarinda dengan :
 
Visi
Menaungi Club Motor Honda yang ada di samarinda
Misi
Menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang berlalu lintas yang baik serta mentaati rambu lalu lintas.
 
Pada tahun 2011, jumlah komunitas Honda yang ada di dalam Ikatan Motor Honda Samarinda bertambah sebanyak 22 Komunitas. Pada saat itu antara komunitas Honda tidak banyak yang saling kenal. Komunitas Honda di Samarinda terbilang cukup banyak, akan tetapi kurang afdol apabila tidak saling mengenal antara saudara sesama komunitas Honda. Berdirinya Ikatan Motor Honda Samarinda yang akhirnya merangkul dan menyatukan seluruh Komunitas Pengguna Motor Honda untuk menjadi 1 (Satu) naungan agar menjadi lebih rukun dan guyub dalam persaudaraan dan kekeluargaan.
 
Sempat meredup kala itu karena transisi pergantian Main Dealer baru. Saat ini terdapat 22 Komunitas Honda yang tergabung di dalam Ikatan Motor Honda Samarinda, yang terdiri dari:
 
Samarinda Honda Owner’s
Grand Mahakam Community
 Supra Fans Community
 Tiger Community Samarinda
 CB Samarinda
 Beat Borneo Community Samarinda
 Honda Beat Club Chapter Samarinda
 Honda Vario Community Samarinda
 CBR Club Indonesia region Samarinda
 Samarinda Scoopy Club
 CBR Community Samarinda
 Samarinda Revo Club
 Honda Streetfire Community Samarinda
  Honda Megapro Club Samarinda
 Commuity Honda Verza Samarinda
 CBR Owner Samarinda
Vario Community Incredible
 Sonic Samarinda Community
 Honda PCX Club Indonesia Chapter Samarinda
 PCX Owner Samarinda
 CRF Owner Samarinda
 HAI Chapter Samarinda
 
Kini Ikatan Motor Honda Samarinda telah berumur 10 tahun, yang selalu hadir, meramaikan, dan berpartisipasi dalam event community yang diagendakan oleh PT. AHM dan Main Dealer Astra Motor Kal-Tim 2 selaku distributor resmi  sepeda motor Honda  area Samarinda, Bontang, Malinau, Kukar, Kutim dan Kubar.
 
Program kerja IMHS pada tahun 2023 yang sudah direncanakan, ialah :
• Edukasi Safety Riding
• Sunday Morning Ride
• Night Ride
• Community Social Responbility
• Mensupport kegiatan Government/Police
• Biker Camp dll.
Dalam perjalanannya IMHS terus berkembang dan memiliki banyak anggota. Sampai tahun 2023 ini dibawah kepemimpinan Edi Priyono yang menjabat sebagai ketua umum sejak tahun 2022, jumlah anggota IMHS yang terdaftar sudah mencapai puluhan club/komunitas dengan total ratusan member. Angka tersebut berpotensi bertambah seiring berkembangnya klub-klub sepeda motor Honda baru yang bermunculan.
Untuk terus menjaga silaturahmi sesama member, klub dan komunitas sepeda motor Honda anggota IMHS selalu menggelar Kopdar rutin di Kota Samarinda, komunitas Honda seperti IMHS menjadi partner sekaligus Brand Ambassador bagi Honda yang selalu aktif mengkampanyekan keselamatan berkendara #Cari_Aman di jalan raya, kepedulian sosial dan menjadi penghubung antara pengguna sepeda motor Honda dengan PT Astra Honda Motor dan Main Dealer. 
Ada beberapa hal dan syarat yang perlu diperhatikan apabila rekan-rekan ingin mengikuti setiap kegiatan IMHS, seluruh member dari setiap anggota komunitas  dapat mengikuti  program activity yang telah diagendakan oleh PT. AHM dan Main Dealer Astra Motor Kal-Tim 2 selaku distributor resmi  sepeda motor Honda  area Samarinda, Bontang, Malinau, Kukar, Kutim dan Kubar. Seluruh member atau anggota dari Komunitas Honda yang tergabung IMHS tanpa terkecuali wajib mendaftar menjadi anggota resmi sebagai komunitas Honda yaitu HCID (Honda Community Identity). Honda Community Identity atau yang biasa disebut HCID Sebelumnya berupa kartu dan lumayan lama prosesnya, namun dengan bekembangnya digitalisasi PT. AHM mengembangkannya menjadi suatu web yang tentunya lebih memudahkan member komunitas Honda yang tergabung didalam Honda Community, khususnya Ikatan Motor Honda Samarinda untuk dapat meng-update atau melihat berita dan informasi seputar community se-Indonesia hanya melalui gengagaman atau  Smartphone. 
“Layaknya kartu pengenal, setiap anggota komunitas di Kalimantan Timur pada khususnya bahkan di Indonesia pada umumnya miliki banyak manfaat bagi anggota komunitas yang miliki HCID. Jelas Fajrin Nur Huda selaku PIC Community Development Astra Motor Kaltim 2. Lebih lanjut dijelaskannya, beberapa manfaat HCID selain identitas, pemilik kartu ini akan dapatkan beragam keuntungan mulai dari poin keaktifan yang dapat ditukarkan beragam barang eksklusif Honda hingga info menarik seputar komunitas dan produk Honda.
RELATED
NEWS