NEWS
DETAILS
Selasa, 03 Jan 2023 06:33 - Komunitas Honda Etam

Tingginya kecelakaan di jalan setiap tahunnya terjadi ratusan bahkan ribuan kecelakaan di jalan raya. Sebagian besar kecelakaan tersebut terjadi bagi pengguna kendaraan sepeda motor. Tentu penyebabnya sangat banyak dan bisa berasal dari pengendara sendiri ataupun lainnya. Karenanya Anda perlu tahu tips sederhana agar terhindari dari kecelakaan agar selamat ketika berkendara.

Dalam kesempatan kali ini, Safety Riding Instruktur Astra Motor Kaltim 2 Fajrin Nur Huda memberikan tips sederhana ini dapat Anda terapkan dengan mudah dan bisa digunakan untuk mobil atau sepeda motor. Namun, tips ini akan semakin bermanfaat untuk pengendara motor mengingat pemilik sepeda motor jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan mobil di Indonesia. Adapun tips sederhana agar terhindar dari kecelakaan tersebut adalah:

1. Cek Kondisi Kendaraan
Setiap akan bepergian pastikan Anda memeriksa kondisi kendaraan dengan seksama. Ketika memanaskan mesin pastikan untuk memeriksa rem, oli, rantai dan kebersihan kendaraan. Hal ini dasar seperti sangatlah penting karena dapat membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman.
Anda juga perlu membawa motor ke bengkel untuk perawatan lebih lanjut secara berkala. Karena Anda harus mengganti oli setiap beberapa bulan sekali atau mengganti beberapa bagian spare part karena telah usang.

2. Gunakan Alat Pengaman Dengan Baik dan Sesuai SNI
Tips sederhana agar terhindar dari kecelakaan yang berikutnya adalah memakai pengaman seperti helm SNI. Selain helm pastikan Anda memakai jaket, sepatu, sarung tangan dan masker terlebih di saat pandemi corona saat ini.
Alat pengaman ini penting untuk menjaga Anda dari panas terik, debu serta virus tapi juga bisa menjaga diri ketika terjadi kecelakaan. Jika Anda hanya bepergian untuk jarak dekat, maka minimalnya gunakan helm untuk menjaga diri ketika terjadi kecelakaan.

3. Patuhi Rambu
Rambu lalu lintas yang dipasang di jalan raya bukan hanya sebagai penunjuk jalan atau membuat lalu lintas menjadi lebih tertib. Rambu juga berfungsi untuk melindungi para pengguna kendaraan dari bahaya kecelakaan.

4. Jaga Kecepatan
Banyak pengemudi yang mengabaikan keselamatan lalu memacu kecepatan sangat tinggi. Meski dianggap mengejar waktu mereka namun hal itu selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan nyawa orang lain di sekitarnya.

Selalu gunakan lampu sein di setiap kesempatan saat akan mengambil jalur lain atau berbelok. Selain itu, spion harus tak pernah luput dari pandangan pengemudi.

RELATED
NEWS